Balanced Scorecard And Developing Corporate Strategy Map




 Bogor, 09 – 12 Februari 2016
 Bogor, 10 – 13 Mei 2016
 Bandung, 06 - 09 September 2016
 Bali, 06 – 09 Desember 2016


Selama ini manajemen perusahaan mengukur keberhasilan perusahaannya dengan ukuran ukuran finansial. Return on investment (ROI) atau Return on capital employed (ROCE) merupakan ukuran yang paling sering digunakan. Akan tetapi, cukupkah keberhasilan sebuah perusahaan hanya diukur dengan kriteria keuangan ?  Mengapa kita tidak pernah mengukur apa yang menyebabkan keberhasilan atau kegagalan keuangan tersebut ? Para ahli menamakan penyebab keberhasilan itu sebagai performance drivers.
Balanced Scorecard menterjemahkan visi dan misi organisasi kedalam ukuran ukuran keberhasilan perusahaan secara komprehensif . Balanced Scorecard menggunakan objektif keuangan sebagai ukuran keberhasilan dengan tidak melupakan performance drivers keberhasilan keuangan tersebut. Scorecard mengukur performansi organisasi dengan  empat perspektif yaitu : keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta learning and growth.
Seminar ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam dan komprehensif tentang konsep Balanced Scorecard yang telah terbukti keberhasilannya di banyak perusahaan serta  teknik implementasinya. Seminar akan dilengkapi dengan studi kasus. Kasus akan dibahas dalam kelompok peserta dan di kelas secara keseluruhan.

Materi Seminar :
1.         Pengertian Balanced Scorecard
          Apa yang dimaksud dengan Balanced Scorecard.
          Balanced Scorecard sebagai sebuah sistem manajemen.
          Mengapa perusahaan memerlukan Balanced Scorecard.
2.         Mengukur  Strategi bisnis dari perspektif keuangan.
          Keterkaitan objektif keuangan dengan strategi unit bisnis.
          Pertumbuhan dan bauran pendapatan.
          Reduksi biaya  dan peningkatan produktivitas.
          Utilisasi aktiva dan strategi investasi.
3.         Mengukur strategi bisnis dari perspektif pelanggan (customer perspective).
          Segmentasi pasar.
          Customer core measurement group.
          Mengukur customer value preposition.
          Diskusi dan studi kasus.
4.         Perspektif proses bisnis internal.
          Internal-business –process value chain.
          Proses inovasi.
          Proses operasi.
          Postsale service.
          Diskusi.
5.         Learning and growth perspective.
          Kapabilitas pegawai.
          Core employee measurement group.
          Motivasi dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia.
          Kapabilitas sistem informasi.
6.         Menghubungkan Balanced Scorecard dengan strategi perusahaan.
          Cause-and –effect relationship.
          Performance drivers.
          Linkage to financials.
          Diskusi.
7.         Manajemen strategi bisnis.
          Integrasi strategi perusahaan.
          Target,alokasi sumberdaya,inisiatif dan anggaran
          Diskusi
8.         Developing Corporate Strategy Map
          Langkah penyusunan strategy map.
          Studi kasus dan pembahasan beberapa contoh strategy map.I.
9.         Implementasi Balanced Scorecard.
          Mobilisasi organisasi.
          Membangun sistem manajemen terpadu.
          Masalah yang biasanya dihadapi dalam implementasi.
10.       Studi kasus implementasi Balanced Scorecard.
Dalam studi kasus ini akan dibahas beberapa contoh implementasi Balanced   scorecards dan penentuan KPI (Key Performance Indicators)

Instructor
Ir. Asep Saefulbachri, MBA, MM. An engineer graduated from Industrial Technique, Bandung Institute of Technology (ITB) and continued his study in Master in Business Administration. He also widened his knowledge through several trainings abroad. His got his experience in material management, warehousing and transportation management, and management of information system during 15 years working in Direktorat Logistik in Head Office of PT. Telkom. He also is being a lecturer in post-graduate program, majoring logistics management in Pasundan University, Bandung and also in several well-known universities in Bandung, STT Telkom majoring Industrial Technique. He also becomes a lecturer in the Magister management program in Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB Telkom).
He got the experience to deliver In-company Trainings and/or seminars in a few management institutions in Bandung, Jakarta, Syrabaya and Kuala Lumpur, specializing in logistics management and supply chain. Up until now, he also still active as a logistics trainer in some companies, such as Pertamina, Petrochina, PT. badak, PT. Inco Soroako, Telkom, Telkomsel, etc.
General Information
Facilities
ü  Quality training material (hardcopy and softcopy)
ü  Quality training kits
ü  Morning and afternoon coffee / tea breaks and lunch for along the training
ü  Certificate of Completion

Tuition Fee & Registration  Deadline
IDR 9.750.000,-/ Person, (exclude Ppn 10% & Acomodation)
Registration and payment deadline a weeks before training held.
For Further Information and Registration Please Contact
Anni Nuraini         +62 812 807 1412
Hilmi Atoillah       +62 856 467 179 04
Ika Ratnawati       +62 813 1996 6720

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer