Bogor, 09 –
12 Februari 2016
Bogor, 10 –
13 Mei 2016
Bandung, 06 -
09 September 2016
Bali, 06 – 09
Desember 2016
|
Selama ini manajemen perusahaan mengukur keberhasilan perusahaannya dengan
ukuran ukuran finansial. Return on investment (ROI) atau Return on capital
employed (ROCE) merupakan ukuran yang paling sering digunakan. Akan tetapi,
cukupkah keberhasilan sebuah perusahaan hanya diukur dengan kriteria keuangan
? Mengapa kita tidak pernah mengukur apa
yang menyebabkan keberhasilan atau kegagalan keuangan tersebut ? Para ahli
menamakan penyebab keberhasilan itu sebagai performance drivers.
Balanced Scorecard menterjemahkan visi dan misi organisasi kedalam ukuran
ukuran keberhasilan perusahaan secara komprehensif . Balanced Scorecard
menggunakan objektif keuangan sebagai ukuran keberhasilan dengan tidak
melupakan performance drivers keberhasilan keuangan tersebut. Scorecard mengukur
performansi organisasi dengan empat
perspektif yaitu : keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta learning
and growth.
Seminar ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam dan komprehensif
tentang konsep Balanced Scorecard yang telah terbukti keberhasilannya di banyak
perusahaan serta teknik implementasinya.
Seminar akan dilengkapi dengan studi kasus. Kasus akan dibahas dalam kelompok
peserta dan di kelas secara keseluruhan.
Materi Seminar :
1. Pengertian Balanced
Scorecard
• Apa yang dimaksud
dengan Balanced Scorecard.
• Balanced
Scorecard sebagai sebuah sistem manajemen.
• Mengapa
perusahaan memerlukan Balanced Scorecard.
2. Mengukur Strategi bisnis dari perspektif keuangan.
• Keterkaitan
objektif keuangan dengan strategi unit bisnis.
• Pertumbuhan
dan bauran pendapatan.
• Reduksi
biaya dan peningkatan produktivitas.
• Utilisasi
aktiva dan strategi investasi.
3. Mengukur strategi bisnis
dari perspektif pelanggan (customer perspective).
• Segmentasi
pasar.
• Customer
core measurement group.
• Mengukur
customer value preposition.
• Diskusi
dan studi kasus.
4. Perspektif proses bisnis
internal.
• Internal-business
–process value chain.
• Proses
inovasi.
• Proses
operasi.
• Postsale
service.
• Diskusi.
5. Learning and growth
perspective.
• Kapabilitas
pegawai.
• Core
employee measurement group.
• Motivasi
dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia.
• Kapabilitas
sistem informasi.
6. Menghubungkan Balanced
Scorecard dengan strategi perusahaan.
• Cause-and
–effect relationship.
• Performance
drivers.
• Linkage
to financials.
• Diskusi.
7. Manajemen strategi bisnis.
• Integrasi
strategi perusahaan.
• Target,alokasi
sumberdaya,inisiatif dan anggaran
• Diskusi
8. Developing Corporate
Strategy Map
• Langkah
penyusunan strategy map.
• Studi
kasus dan pembahasan beberapa contoh strategy map.I.
9. Implementasi Balanced
Scorecard.
• Mobilisasi
organisasi.
• Membangun
sistem manajemen terpadu.
• Masalah
yang biasanya dihadapi dalam implementasi.
10. Studi kasus implementasi
Balanced Scorecard.
Dalam studi kasus ini akan dibahas beberapa
contoh implementasi Balanced scorecards
dan penentuan KPI (Key Performance Indicators)
Instructor
Ir. Asep Saefulbachri, MBA, MM. An engineer graduated from Industrial
Technique, Bandung Institute of Technology (ITB) and continued his study in
Master in Business Administration. He also widened his knowledge through
several trainings abroad. His got his experience in material management,
warehousing and transportation management, and management of information system
during 15 years working in Direktorat Logistik in Head Office of PT. Telkom. He
also is being a lecturer in post-graduate program, majoring logistics
management in Pasundan University, Bandung and also in several well-known
universities in Bandung, STT Telkom majoring Industrial Technique. He also
becomes a lecturer in the Magister management program in Sekolah Tinggi
Manajemen Bandung (STMB Telkom).
He got the experience to deliver In-company Trainings and/or seminars in a
few management institutions in Bandung, Jakarta, Syrabaya and Kuala Lumpur,
specializing in logistics management and supply chain. Up until now, he also
still active as a logistics trainer in some companies, such as Pertamina,
Petrochina, PT. badak, PT. Inco Soroako, Telkom, Telkomsel, etc.
General Information
Facilities
ü
Quality training material (hardcopy and softcopy)
ü
Quality training kits
ü
Morning and afternoon coffee / tea breaks and lunch for along the
training
ü
Certificate of Completion
Tuition Fee &
Registration Deadline
IDR 9.750.000,-/ Person, (exclude Ppn 10% &
Acomodation)
Registration
and payment deadline a weeks before training held.
For Further
Information and Registration Please Contact
Anni Nuraini +62 812 807 1412
Hilmi Atoillah +62 856 467 179 04
Anni Nuraini +62 812 807 1412
Hilmi Atoillah +62 856 467 179 04
Ika Ratnawati
+62 813 1996 6720
Tidak ada komentar:
Posting Komentar